Cara budidaya ayam bangkok untuk pemula

Cara budidaya ayam bangkok untuk pemula

Cara budidaya ayam bangkok untuk pemula –  kali ini tanik asik akan membahas tentang cara mudah budidaya ayam Bangkok. Sesuai dengan julukan yang namanya Bangkok, ayam ini berasal dari neghara thailan.

beternak ayam bangkok
beternak ayam bangkok dengan mudah

Berikut cara budidaya ayam Bangkok yang sederhana dan sangat mudah

Pemilihan indukan

Pemilihan indukan seharusnya lincah, sehat dan aktif serta tidak sakit. Karena kulaltas anakan akan di tentukan oleh indukan yang erkualitas atau memilih sepasang ayam Bangkok juara.

 Pemilihan kandang

Secara umum ada 3 jenis kandang dalam budidaya ayam Bangkok

  • Kandang umbaran

Merupakan kandang multifungsi sebagai kandang kawin dan juga kandang anakan yang berusia 1,5 -3 bulan . kandang ini di buat dari kayu yang berukuran lebar 1 meter, tinggi 1,5 meter dan panjang 1,5 metern

  • Kandang postal

Kandang ini di kususkan sebagai kandang ayam yang baru menetas, kandang ini berukuran lebih kecil dari kandang umbaran. Yaitu tinggi 1 meter, lebar 1 meter dan panjang 0,5 meter . umumnya kandang denga ukuran itu dapat menampung ayam denga jumla 10 – 15 ekor.

  • Kandang tidur

Kandang ini di gunakan sesuai namanya, yaitu sebagai kandang tidur ayam. tempat tidur ini di buat panggung agar terhindar dari suhu tanah yang bisa membuat aya menjadi sakit.

Pemberian pakan dan perawatan bibit

Setelah para ayam betina bertelur. Maka anda harus siapkan kandang sendiri untuk indukan mengerami.  Cara merawat aya Bangkok selanjutnya dalah peberian pakan. Pada usia ayam1-2 hari cukup di beri air putih saja, karena kebutuhan nutrisi ayam masih tersedia di dalam kuning telur yang masih menempel di bulu bulu mereka. Namun di usia selanjutnya ayam di berikan makanan berupa pur denga kepasitas secukupnya saja.

Pemberian suplemen tambahan

Anak ayam Bangkok telah bisa di beri akan dengan komposisi yang berbeda berupa campuran dari pakan berupa susu bubuk umtul bayi dan pur dengan perbandinga 1/5  dengan anak ayam usia 1 – 4 bulan. Untuk pembentukan bulu, tulang dan bentuk badan

Pencabutan bulu ayam Bangkok

Bulu yang tu,buh terlalu lebat akan menghabiskan pasokan gizi dari asupan makan ayam Bangkok, jadi sebaiknnya peternak mencabut atau memotong bulu ayam untuk mengoptimalkan gizi makanan untuk perkembangan tubuh ayam Bangkok.

Perawatan intensif bagi anakan

Cara perawatan intensif ayam pada umur 1 -6 bulan/ atau sampai memiliki bulu rawisnya sebaiknya di pelihara dalam kandang saja, hal ini untuk menghindari energy dalam ayam karena mereka terlalu banyak bermain.

baca juga : cara beternak lele 

baca juga : peluang usaha pertanian 

Sekian informasi ini kami buat, semoga bermanfaat bagi anda

Teriakasih sudah membaca !!!!!!!!