Daur ulang sampah dapur 

Daur ulang sampah dapur

Daur ulang sampah dapur – Sering kita melihat sampah dapur tidak digunakan oleh kita, sampah dapur sering saja di biarkan di tempat sampah tanpa di manfaatkan sedikitpun.

"<yoastmark

Berikut beberapa daur ulang sampah yang bermanfaat bagikita dan lingkungan sekitar

Jadikan kompos

Sampah dapur sebagian beras berasal dari bagian tumbuhan, mulai dari kulit bawang, tangkai cabai, bonggoljangung, dan yang lainya.  Lakukan daur ulang sampah menjadi pupuk kompos. Di beberapa Negara maju , ada wilayah yang kusus mengelola sampah menjadi kompos.  Namun anda juga dapat melakukanya sendiri dengan mudah di rumah.

Pakan hewan

Beberapa hewan tidak membutuhkan pakan yang masih segar untuk dapat bertahan hidup. Meskipun demikian, untuk menjamin tumbuh kembang hewan agar tetap optimal, pakan segar juga harus diberikan secara berkala.

Anda bisa memberikan sampah dapur kepada peternak local ataupun peliharaan sendiri, hewan yang di maksud bisa beupa ikan, ayam , ataupun hewan ternak lainya.

Ditanam kembali

Beberapa sampah dapur masih dapat di gunakan kembali, anda bisa melakukanya dengan menanam kembali, misalnya bagian bawah daun bawang bisa anda gunakan kembali saat setelah di tanam dan panen, begitu pula pada biji cabai.

Sisihkan kemasan makanan

Kemasan makanan pada umumnya terbuat dari plastic,  serimg sekali kita membuang kemasan ini begitu saja , untuk mengurangi sampah dapur, anda dapat menyisihkan sampah ini kembali.  Gunakan kembali kemasan yang sudah tidak terpakai agar tidak langsung di buang, anda dapat menggunakan plastic bekas untuk membuat wadah sampah yang baru.anda juga bisa menggunakan wadah bekas makanan sebagai wadah penyimpananbeberapa barang setelah di cuci bersih.

Beberapa cara tersebut bisa anda lakukan secara mudah di rumah. Bila anda ingin mengelolanya lebih lanjut anda bisa membuat biogas dari sampah tak terpakai untuk digunakan sebagai bahan bakar. Mari tetap lestarikan lingkungan dalam hal hal sederhana dan dari diri sendiri.

Menggunakan sampah dapur dalam kegiatan sehari hari pastilah membuat pengeluaran dapur dapat sedikit terbantu dan juga lingkungan tetap terjaga…..