Membuat zat perangsang tumbuh sendiri

Membuat zat perangsang tumbuh sendiri

Membuat zat perangsang tumbuh sendiri – Sebagai petani, Anda mungkin menginginkan tanaman cepat tumbuh dan subur dengan hasil yang maksimal. Hal tersebut bisa Anda dapatkan dengan cara memberikan perangsang akar. Nah, perangsang akar ternyata bisa Anda buat sendiri dengan bahan-bahan organik. Lantas, bagaimana cara membuat perangsang akar organik? Berikut ini cara membuat perangsang akar organik dengan mudah.

cara membuat zat perangsang tumbuh sendiri
cara membuat zat perangsang tumbuh sendiri

Membuat zat perangsang tumbuh sendiri

Bahan-bahan:

Bonggol pisang atau rebung bambu 10 kg – Air leri 2 liter – Air kelapa 2 liter – Tetes tebu/gula/berenuk/maja (20 persen dari total bahan)

Cara membuat:

Bonggol pisang atau rebung bambu muda ditumbuk sampai halus, kemudian dicampurkan air kelapa, air leri, dan tetes tebu diaduk sampai rata.

Masukkan campuran tadi ke jerigen. Pada tutup botol diberikan lubang untuk memasukkan selang sebagai proses aerobnya.

Ujung selang yang satu masuk pada jerigen yang berisi pupuk cair dan satunya yang masuk ke botol yang berisi air. Kemudian, proses ini dibiarkan selama 2 minggu.

Ciri-ciri pupuk cair yang sudah jadi adalah bau pupuk cair mendekati bau tape, atau agak kecut, bukan bau yang kurang sedap. Jika yang muncul bau kurang sedap, berarti ada proses yang bocor pada saat pembuatan.

Anda juga dapat membuat bahan perangsang ini menggunakan bahan bahan yang lainya, seperti bawang merah, proses pembuatanya pun sama namun kandungan di dalamnya pastilah berbeda dengan yang di kandung dalam bawang merah.

Perangsang alamani ini memang jarang di gunakan oleh petani pada umumnya, karena tidak tau atau ribet dalam membuatnya, adapun petani menggunakan zat perangsang namun mereka menggunakan zat perangsang buatan pabrik. Secara efek zat perangsang alami dan zat perangsang tumbuh buatan parbik memiliki perbedaandari segi cepat respon terhadap tanaman. Zat perangsang tumbuh buatan pabrik biasanya lebih cepat di serap oleh tanaman di bandingkan dengan zat perangsang buatan.

Dalam pembuatan bahan alami ini pastilah bertujan untuk memanfaatkan bahan bahan yang sudah ada dan juga bahan di sekitar agar bermanfaat.

Terimakasih sudah membaca……..