MENGATASI HAMA WERENG PADA TANAMAN PADI

MENGATASI HAMA WERENG PADA TANAMAN PADI

Banyak keluhan para petani saat musim hujan. Hama wereng salah satunya.

“Kalau musim hujan biasanya penyakit atau hama wereng batang coklat yang menyerang tanaman padi,” kata Heti kepada Republika.memang di musim hujan ini Semua hama dan penyakit tanaman akan lebih cepat berkembangbiak.

hama wereng
hama wereng

Jika musuh alami hama wereng populasinya lebih sedikit, maka hama wereng akan mewabah. Setelah mewabah akan membuat tanaman padi tidak sehat. Lebih jauh dari itu akan menurunkan hasil panen. Yayan menerangkan, hama wereng musuh alaminya laba-laba. Laba-laba memangsa hama wereng. Selain itu hewan-hewan lain yang memangsa wereng dapat dikatakan musuh alaminya.

Yayan mengungkapkan, tapi jika penggunaan pupuk kimia dan pestisida kimia secara intensif, maka akan membunuh seluruh jenis serangga. Termasuk musuh alami wereng akan ikut terbunuh.

“Lama kelamaan rantai makanan dan ekosistem akan tidak berjalan sebagimana mestinya,” ujar Yayan.
Menurutnya, untuk mengatasi masalah hama dan penyakit tanaman. Menggunakan pestisida alami merupakan langkah bijak dalam rangka menjaga kesuburan dan kealamian alam.

pupuk organik nasa salah satunya menyediakan pupuk pestisida organik.dengan memakai supernasa,natural bvr, pestona dan aero sebagai pengendali hama.

mengatasi hama wereng

Cara pengendaliannya :
• Lakukan pemantauan secara rajin ,rutin dan terjadwal yang dilakukan dengan cara mengamati areal tanaman padi anda dalam interval waktu tertentu (misalnya seminggu sekali), sejak awal persemaian, penanaman sampai panen.
• musnahkan sisa tanaman yang sedang terserang virus kerdil rumput dan kerdil hampa dengan menggunakan cara mengolah tanah sesegera mungkin setelah tanaman padi dipanen. Dengan kita membiarkan lahan tersebut, maka kemungkinann timbulnya serangan virus akan lebih besar saat kita memulai penanaman kembali.
• menggunakan padi varietas unggul tahan hama. Penanaman varietas padi tahan hama terbukti mampu dan efektif mengurangi serangan wereng coklat.
• Melakukan pemusnahan terhadap tanaman padi yang terserang ringan. Artinya memilih tanaman padi yang sedang terserang dengan cara mengambilnya untuk kemudian dibuang/dibakar di tempat lain yang jauh dari lahan anda . Apabila terjadi serangan hama berat, maka perlu dilakukan pemusnahan (eradikasi) total.
• Pemupukan yang teratur dengan menyeimbangkan unsur makro maupun mikro yang di perlukan tanaman padi.Yaitu dengan pemakaian pupuk organik nasa yang berupa Super Nasa dengan di campurkan 50% pupuk kimia yang biasa di pakai.